Coba ini di Rumah, Minum Kopi Hitam tanpa Gula ternyata Sangat Ampuh Untuk. . .

Search

Minggu, 29 Januari 2017

Coba ini di Rumah, Minum Kopi Hitam tanpa Gula ternyata Sangat Ampuh Untuk. . .

Advertisement

Advertisement

Apakah anda suka minum kopi? Kopi memanglah menjadi salah satu komoditas pertanian asli Indonesia. Bahkan produk kopi juga banyak di kirim ke luar negeri untuk dijadikan minuman. Kebiasaan minum kopi saat pagi atau sore hari memanglah telah menjadi kebiasaan.

Banyak orang minum kopi dengan beragam modifikasi seperti kopi dicampur dengan susu, latte atau gula. Minum kopi hitam dengan gula sering menjadi rutinitas yang sangatlah umum. Tetapi sempatkah anda minum kopi pahit murni? Kopi pahit murni yaitu minuman kopi yang benar-benar dihidangkan tanpa gula jadi ada rasa pahit serta segar. 



Fakta Kafein dalam Kopi 
Anda tentu pernah mendengar bahwa kopi mengandung kafein. Kafein dalam kopi sering dituduh sebagai pemicu beragam jenis penyakit pada tubuh. Tetapi ternyata kafein tak seburuk yang diperkirakan. Dibawah ini yaitu beberapa fakta perihal kafein : 
Kafein termasuk sebagai salah satu obat yang dapat mengatasi beragam keluhan serta akan berbahaya jika digunakan dalam dosis yang besar. 
Kafein dapat bekerja untuk tubuh karena dapat mempercepat kinerja otak. Kafein akan mengatasi adenosin yang tidak normal, adenosin yaitu bahan khusus yang dapat menghambat kinerja otak dan sering mengakibatkan mengantuk. 
Kadar kafein yang ditemukan pada kopi bisa berbeda-beda tergantung dari proses pemrosesan kopi yang melibatkan proses pemanggangan, penggilingan serta proses memasak kopi. 
Pada awalnya mengkonsumsi minuman kopi sering dijelaskan dapat menganggu kesehatan. Banyak orang yang menduga bahwa minuman kopi hitam akan mengakibatkan permasalahan untuk jantung serta organ tubuh lain. Bahkan beberapa orang selalu mengalami insomnia karena sering minum kopi hitam. Sebenarnya minum kopi hitam mempunyai manfaat kesehatan yang besar. Di bawah ini yaitu manfaat mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan. 
1. Sumber Anti-oksidan serta Memenuhi Nutrisi Tubuh 
Kopi yaitu salah satu jenis minuman yang banyak mengandung anti-oksidan serta beragam sumber nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium serta vitamin E. Kromium memang sangat baik untuk tubuh karena dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu magnesium serta kromium juga dapat menurunkan potensi kolesterol buruk dalam darah. 
Mengkonsumsi minuman kopi tanpa gula dengan cara teratur juga dapat menurunkan resiko terserang penyakit akut karena kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi. 
2. Kopi Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia 
Wanita serta pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga dapat mempunyai syaraf motorik serta sensorik yang sangatlah bagus. Penurunan fungsi syaraf umumnya terjadi pada orangtua serta dapat menurunkan kemampuan aktifitas orangtua. Tetapi mengkonsumsi kopi hitam dengan teratur sudah terbukti mengurangi semua jenis kemungkinan penuaan yang berhubungan dengan syaraf. 
Bahkan hal ini sudah dibuktikan oleh seseorang pakar nutrisi serta diet yang bernama Joan Salge Blake serta riset itu pernah ditulis dalam American Journal of Epidemiology (edisi tahun 2002). 
3. Mengurangi Potensi Diabetes 
Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangatlah bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk memperlancar proses metabolisme hingga membuat produksi h0rm0n insulin dapat dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. 
Orang yang dapat konsumsi kopi hitam dengan cara teratur dapat tingkatkan produksi insulin serta menyeimbangkan h0rm0n yang mengatur produksi insulin. 
4. Mengurangi Resiko Kanker 
Minuman kopi yang mengandung kafein ternyata juga dapat melindungi pria dari serangan kanker prostat serta kanker usus besar. Selain itu beberapa jenis kanker lain yang dapat diminimalisir resikonya yaitu kanker hati serta kanker p4y*d4r4. Minum kopi hitam tanpa campuran gula serta zat lain dapat meningkatkan zat aktif yang dapat memerangi semua potensi atau bahan asing pembentuk kanker. 
5. Kopi Membuat Tubuh Lebih Bugar 
Salah satu ahli kopi yang bernama Ory Hofmekler menyampaikan bila mengkonsumsi kopi dengan cara yang benar dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Minum kopi dengan cara teratur akan membuat kesehatan otot menjadi lebih kuat. Tetapi syarat yang dibutuhkan ini yaitu dengan manfaat kopi pahit tanpa gula atau seperti kopi rendah gula. 
6. Dapat Mendukung Diet 
Kopi hitam tanpa gula akan menjadi minuman yang rendah kalori. Anda dapat membuat minuman ini untuk mendukung program diet. Anda tak perlu merasa cemas karena tak ada gula dalam kopi hingga kalori yang ditemukan juga rendah. Bila Anda menambah gula atau krim kedalam kopi maka akan meningkatkan lemak serta kalori hingga dapat meningkatkan berat badan. Jadi, lebih baik tetap minum kopi tanpa gula. 
7. Mendukung Kesehatan Tulang 
Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang seringkali mengakibatkan penyakit tulang. Penyakit ini seringkali terjadi pada orangtua terlebih wanita yang telah mengalami m3n0up0us3. Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tak dapat diserap oleh tulang dengan baik. 
Kalsium yang terdapat dalam kopi dapat meningkatkan kesehatan tulang serta mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita serta pria. 
8. Menjaga Kesehatan Jantung 
Kopi mengandung kalium yang berfungsi untuk memperkuat otot-otot jantung serta menjaga supaya detak jantung cepat normal. Beragam jenis makanan yang kita konsumsi otomatis akan membuat efek pada jantung seperti lemak, yang mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini maka mengkonsumsi kopi tanpa gula sangatlah dianjurkan. 
9. Kopi Membuat Anda tetap Aktif 
Manfaat kopi pahit tanpa gula dapat membuat tubuh tetap aktif tanpa merasa mengantuk. Hal ini disebabkan karena kopi dapat meningkatkan kinerja otak yang di pengaruhi dari kandungan kafein. Kafein akan menyebabkan sistem kerja otak hingga Anda tidak akan terasa mengantuk atau lelah. 
10. Kopi Meningkatkan Produktifitas 
Kopi memanglah bahan yang sangatlah baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh serta dapat meningkatkan produktifitas. Kafein juga dapat mengirimkan efek stimulan pada syaraf pusat hingga dapat meningkatkan proses oksidasi lemak serta memperlancar proses metabolisme. 
Efek Buruk Minum Kopi 
Banyak orang yang tidak suka minum kopi karena mengerti beragam dampak buruk dari kopi. Tetapi sebenarnya dampak buruk dari minum kopi dapat terjadi karena banyak hal seperti kondisi kesehatan yang tidak mendukung untuk mengatasi efek kafein. Selain itu tak semua dampak buruk kopi disebabkan dari kafein. 
Di bawah ini yaitu beberapa dampak buruk minum kopi bila berlebihan atau cara pemrosesan yang tidak benar : 
1. Kopi dapat mengakibatkan masalah fungsi kelenjar adrenal terlebih untuk orang yang telah mempunyai permasalahan dengan kelenjar adrenal. 
2. Kopi dapat mengakibatkan permasalahan atau efek diuretik jadi orang yang telah mempunyai permasalahan dengan keseimbangan elektrolit dalam tubuh tak dianjurkan untuk minum kopi.
3. Mengkonsumsi kopi yang dicampur gula secara berlebihan dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan yang ditandai dengan sakit perut, detak jantung tak teratur, kepala pusing serta beragam gejala yang membuat tubuh lemah. 
4. Mengkonsumsi kopi lebih dari 5 cangkir dalam sehari dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan seperti kurang peka lingkungan, sakit perut, gelisah, detak jantung serta mengakibatkan masalah kecemasan. 
5. Minum kopi yang mengandung latte atau gula dapat mengakibatkan peningkatkan kolesterol 
Jadi, mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula memang sangat baik untuk kesehatan. Tetapi bila anda telah mempunyai beberapa masalah kesehatan, sebaiknya minum kopi hitam tanpa gula dalam jumlah yang terbatas. Langkah itu dilakukan untuk mengatasi dampak buruk karena berlebihan minum kopi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Coba ini di Rumah, Minum Kopi Hitam tanpa Gula ternyata Sangat Ampuh Untuk. . .