Inillah Beberapa Tips Menjaga Kebersihan Bayi

Search

Sabtu, 28 Januari 2017

Inillah Beberapa Tips Menjaga Kebersihan Bayi

Advertisement

Advertisement

Artikel Kesehatan Bayi Inillah Beberapa Tips Menjaga Kebersihan Bayi

Inillah Beberapa Tips Menjaga Kebersihan Bayi, Kehadiran Si Kecil tentunya menambah kebahagiaan dan suka cita di rumah Anda. Si Mungil dengan tubuh merahnya tentu memiliki kulit yang sangat sensitif. Karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi Anda. Ada 8 tip sederhana dalam menjaga kebersihan  yang perlu Anda perhatikan ketika memiliki bayi. Berikut tipnya.

Inillah Beberapa Tips Menjaga Kebersihan Bayi



1 . Cuci tangan Anda

Mencuci tangan Anda dengan sabun anti-bakteri sangat penting untuk menghilangkan bakteri atau  kuman berbahaya yang dapat menyebabkan pilek, flu, diare, dan infeksi lainnya. Pastikan pula untuk mengeringkan tangan Anda dengan benar. Cuci juga waslap tangan Anda secara teratur. Anda  juga perlu mencuci tangan sebelum menyusui bayi Anda, setelah mengolah makanan mentah, setelah mengganti popok dan pergi ke toilet, setelah menyentuh hewan peliharaan, serta setelah menyentuh  sampah atau limbah makanan.


2 . Jaga kebersihan rumah
Anda tidak perlu membersihkan rumah setiap hari. Fokus pada sudut rumah yang memiliki banyak kontak dengan kuman dan bakteri dari luar, seperti kamar mandi, dapur, bangku, meja, peralatan makan sendok, garpu, dan gelas. Anda perlu membersihkan peralatan-peralatan tersebut dengan bersih. Gunakan air panas dengan sabun khusus untuk peralatan makanan.

3 . Perhatikan kebersihan mainan

Saat bayi Anda memasuki usia 3 bulan, ia akan senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut mereka, termasuk mainan disekitarnya. Pastikan untuk secara teratur membersihkan mainan anak Anda dengan disinfektan yang baik. Lap mainan plastik dan pastikan Anda membilasnya secara menyeluruh.

4 . Memandikan bayi Anda

Mandi memang sangat penting untuk menjaga kebersihan bayi Anda. Namun, Anda tidak perlu terlalu berlebihan. Terlalu sering memandikan bayi Anda dapat merusak kulit sensitifnya.

5 . Menjaga kebersihan kuku jari

Kuku merupakan daerah yang perlu perhatian khusus. Bila kuku Si Kecil mulai panjang, potong  kuku bayi Anda dengan hati-hati. Hal ini juga menghindari terjadinya luka lecet pada bayi akibat  garukan dari kukunya yang panjang. Waktu terbaik untuk memangkas kuku adalah ketika bayi Anda tertidur. Pastikan untuk menggunakan gunting kuku bayi dan tidak memotong kuku terlalu pendek karena ini akan menyakiti bayi Anda.

6 . Membersihkan telinga

Bersihkan telinga Si Kecil hanya pada bagian luar telinganya saja, jangan terlalu dalam, dan jangan pernah memasukkan tunas kapas ke telinga bayi Anda. Bila terjadi tanda infeksi, segera konsultasikan ke dokter ahlinya.

7 . Membersihkan hidung

Bersihkan lendir kering dari hidung bayi karena hal ini dapat menyebabkan Si Kecil kesulitan bernapas. Gunakan kain basah untuk mencuci lembut lendir kering tersebut dengan hati-hati. Jika ragu, Anda juga bisa mengonsultasikan kepada dokter tentang hal ini.


8 . Membersihkan mata

Gunakan kapas basah untuk membersihkan mata bayi Anda dengan lembut. Konsultasikan kepada medis jika terjadi gejala infeksi pada mata bayi Anda. (Aulia/doc.M&B)

Demikian Artikel Mengenai Inillah Beberapa Tips Menjaga Kebersihan Bayi semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inillah Beberapa Tips Menjaga Kebersihan Bayi