BUNDA, KAMU SERING MENGELUARKAN AIR MATA SAAT MENGIRIS BAWANG ?? JIKA IYA, INI ADA TRIK MEMOTONG BAWANG AGAR TIDAK MENANGIS DAN TANPA PERIH... KASIH TAU BUNDA YANG LAINNYA YA!!

Search

Senin, 11 Januari 2016

BUNDA, KAMU SERING MENGELUARKAN AIR MATA SAAT MENGIRIS BAWANG ?? JIKA IYA, INI ADA TRIK MEMOTONG BAWANG AGAR TIDAK MENANGIS DAN TANPA PERIH... KASIH TAU BUNDA YANG LAINNYA YA!!

Advertisement

Baca Juga

Advertisement


Seringkali mata terasa perih saat kita memotong bawang. Berikut alasan mengapa orang malas mengiris bawang, terlebih jika bawang yang iris dalam jumlah cukup banyak. Namun, memotong bawang tidak terus-terusan harus disertai dengan keluarnya air mata. 

Bawang memiliki kandungan zat sulfur yang saat dipotong akan bereaksi dengan satu enzim sampai menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat berbentuk tidak stabil, sampai dengan cepat akan berganti jadi senyawa lain yang lebih stabil, yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini lalu terkait dengan mata kita dan membuat asam sulfur. 

Asam sulfur berbentuk mengiritasi mata, sampai mata kita akan terasa perih dan jadi kemerahan. Sebagai perlindungan pada mata, maka mata akan membuahkan air mata untuk menopang mengeluarkan senyawa yang mengiritasi mata itu. 

Cara Memotong Bawang Tanpa Menyebabkan Mata Jadi Perih dan Keluar Air Mata :

Ada tips dan langkah yang bisa dikerjakan agar mata tidak terasa perih saat memotong bawang. Karena ada langkah memotong bawang tidak ada harus keluar air mata yang mengganggu. Berikut beberapa salah satunya seperti yang di ambil dari laman WikiHow : 

Dinginkan bawang dalam freezer 
Mendinginkan bawang merah atau bawang bombai dalam freezer sebelum dipotong bisa mengurangi jumlah enzim asam yang dilepaskan. Anda hanya perlu menempatkan bawang di dalam freezer selama 10-15 menit. Selanjutnya baru anda bisa mulai memotong bawang. Anda tidak perlu kuatir dengan langkah tersebut, karena cara barusan tidak akan mengubah rasa dan kualitas bawang yang anda pakai. Namun yang perlu anda perhatikan yakni waktu penyimpanannya, apabila terlalu lama maka di khawatirkan lemari es anda akan berbau kurang enak. 

Potong bawang di dalam air 
Anda bisa memotong bawang di dalam air untuk menyingkirkan zat yang menghasilkan efek perih. Cara barusan dianggap efektif walaupun sedikit sulit dikerjakan. Jika anda ingin memotong bawang dengan cara barusan, jadi usahakan untuk berlatih lebih dahulu agar tidak membahayakan. Bawang yang dipotong juga harusnya tidak yang terlalu tipis. 

Potong bawang di dekat uap air 
Anda bisa pula menggunakan uap panas untuk kurangi zat yang buat mata perih dan berair. Uap panas ini bisa didapat dari ketel air atau panci di isi air yang dipanaskan lebih dahulu. Langkah kerja uap panas ini yakni membawa pergi zat perih pada bawang sampai bisa menyingkir dari mata anda. 

Pakai pisau tajam untuk memotong bawang 
Enzim penyebab perihnya mata akan dilepaskan saat sel bawang alami rusaknya atau hancur, hal itu pastinya disebabkan terpotongnya sisi bawang. Untuk kurangi rusaknya enzim yang berlebihan, jadi waktu memotong bawang usahakan menggunakan pisau yang tajam. Pisau tajam memang memotong bawang, namun tidak menghancurkan sampai zat pada bawang tidak terlalu banyak keluar. Selain itu pisau tajam juga membuat pekerjaan anda lebih cepat selesai. 

Nyalakan lilin saat memotong bawang 
Anda bisa menyalakan dan meletakkan lilin di dekat talenan atau menyalakan kompor gas jika anda tidak memiliki lilin. Potong bawang dekat dengan api, tetapi ingat jaraknya jangan sampai mengakibatkan bahaya kebakaran. Panas akan menarik senyawa belerang menjauh dari mata anda. 

Gunakan kipas angin 
Anda bisa menggunakan kipas angin untuk menjauh uap bawang dari muka anda waktu memotongnya. 

Itulah cara-cara memotong bawang tanpa harus merasakan perih dan mengeluarkan air mata. 

Selamat mencoba semoga bermanfaat - LIKE, tulis Komen serta SHARE tanpa izin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :