Wajib Baca, Inilah Bukan Daki Biasa, Dapat Berubah Sebagai Pertanda Penyakit Mematikan!!

Search

Rabu, 13 Januari 2016

Wajib Baca, Inilah Bukan Daki Biasa, Dapat Berubah Sebagai Pertanda Penyakit Mematikan!!

Advertisement

Baca Juga

Advertisement


Anda pernah berdiri dibelakang seorang pria yang gemuk dan melihat bagian lehernya tampak kotor seolah ada daki melekat yang sudah lama dan susah dihilangkan sampai bikin anda mengeryitkan dahi lantaran terasa jorok? apabila belum pernah setelah baca ini saya berharap anda akan lebih perduli dengan orang yang mempunyai kondisi demikian. Saya berharap anda bisa memberikam edukasi pada mereka untuk lebih menjaga kesehatan dengan pola/gaya hidup sehat. 

Mengapa saya menyampaikan anda harus lebih perduli pada kesehatan mereka? karena apa yang kita saksikan seperti daki itu mungkin saja tanpa mereka sadari yakni satu tanda bahaya untuk kesehatan seseorang. Kondisi demikian tampak remeh namun memberi arti besar untuk usaha pencegahan suatu penyakit yang lebih kronis dimasa depan. 

Tanda apakah sebenarnya yang saya maksudkan sampai kita harus siaga dan waspada dengan kondisi itu? susunan kulit seperti daki yang ada di leher sisi belakang atau terkadang ada di ketiak dikatakan sebagai acanthosis nigricans. Beberapa di antara anda mungkin pernah mendengar, namun saya meyakini ada banyak yang belum tahu tanda utama pada kulit manusia itu. 

Acanthosis nigricans yaitu kelainan pada kulit yang bentuknya menyerupai beludru berwarna coklat muda hingga hitam dan mirip daki. Tanda itu dapat nampak di daerah-daerah leher, ketiak, selangkangan, dan di bawah p4y*d4r4. 

Penyebab yang tentu sampai saat ini belum di ketahui dengan tentu namun menurut beberapa penelitian berkenaan dengan kondisi resistensi insulin yang menyebabkan proliferasi epidermis kulit dan menyebabkan pembentukan keratinosit pada susunan kulit sisi luar. 

Nigricans Acanthosis dapat menunjukkan kondisi medis tertentu. Pada sebagian orang acanthosis nigricans adalah bawaan lahir. Sebagian besar berlangsung sebagai akibat dari obesitas/kegemukan atau kelainan pada kelenjar endokrin. Nigricans Acanthosis juga sering dihubungkan dengan tanda-tanda pre-diabetes atau diabetes. 

Kondisi lain yang mungkin saja dapat menjadi faktor pemicu dari Nigricans Acanthosis yaitu : 

-Penyakit Addison yakni suatu kondisi yang dikarenakan oleh kekurangan ho**on dari k3el3nj4r adrenal. 
-Gangguan kelenjar hipofisis di dalam otak 
-Hypothyroidism (rendahnya tingkat ho**on tiroid yang karena oleh penurunan aktivitas kelenjar tiroid) 
-Kontrasepsi ho***nal oral 

Umumnya orang dengan nigricans acanthosis memiliki tingkat insulin yang lebih tinggi daripada beberapa orang dengan berat badan yang sama tetapi tidak memiliki acanthosis nigricans. Hal semacam ini juga dipicu oleh karena pola makan yang kurang baik dari si penderita terlebih makanan yang terlalu tinggi Gula/glukosa. 

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa kegemukan adalah salah satu faktor peluang tinggi penyebab seorang alami penyakit Diabetes. Jadi dapat di pastikan untuk seseorang yang mengalami kegemukan dan mempunyai tanda acanthosis nigricans akan mempunyai kemungkinan lebih tinggi lagi untuk alami penyakit Diabetes, apa lagi bila ditambah kisah keluarga (ayah/Ibu) dengan penyakit yang sama. 

Tidak hanya pada orang dewasa, kemungkinan Diabetes akan bertambah apabila tanda acanthosis nigricans ada pada anak-anak yang telah alami obesitas mulai sejak awal. Itu pentingnya orang-tua untuk tidak lagi berpikiran anak gemuk ini lucu atau gemesin tetapi tanpa ada disadari di balik ini semua ada bermacam potensi penyakit beresiko yang dapat diakibatkan dikemudian hari. 

Begitu mematikan penyakit Diabetes apabila tidak ditangani dengan baik. Oleh karenanya apabila anda atau keluarga memiliki tanda seperti yang sebut di atas sebaiknya mulai saat ini waktu anda membaca tulisan saya itu untuk lebih perduli pada kesehatan anda/keluarga anda. Apa plan yang perlu segera dilakukan? Apabila anda kegemukan bersegeralah untuk diet, bila anda memiliki kemungkinan besar untuk terserang diabetes awalilah untuk menjaga pola makan. 

Terakhir untuk aanda yang memiliki tanda di atas saya anjurkan untuk lakukan medical check up teratur terutama untuk yang usianya diatas 35 th. keatas. Lakukan kontrol teratur setidaknya 6 bln. sekali untuk memastikan kondisi kesehatan anda pada dokter. Jangan sampai tunggu datangnya sakit baru periksa, lakukan pencegahan karena kita manusia tak pernah tahu hingga kapan kita terus akan selalu dalam kondisi sehat, 

Salam sehat, 

Artikel via : dr. Wahyu Triasmara

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wajib Baca, Inilah Bukan Daki Biasa, Dapat Berubah Sebagai Pertanda Penyakit Mematikan!!