Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi yang Bengkak

Search

Rabu, 01 Februari 2017

Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi yang Bengkak

Advertisement

Advertisement

Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi yang Bengkak Bahan Alami


Gusi yang bengkak sangatlah menyiksa dan tentu membuat anda merasa tidak nyaman sepanjang hari.

Gusi bengkak dan Cara Mengobati Gusi yang Bengkak


Gusi bengkak (Gingivitis) adalah peradangan dan infeksi pada jaringan gusi. Sumber infeksi adalah bakteri yang menghuni rongga mulut, menginfeksi gigi (plak), mengeras dan menjadi karang gigi. Gingivitis ditandai dengan kemerahan dan bengkak pada jaringan gusi, perdarahan sementara saat menyikat gigi, nyeri atau rasa sakit pada gusi, rasa tidak enak di mulut, bau mulut, pembentukan nanah di antara gigi dan gusi.

Penyebab utama terjadinya gusi bengkak biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan mulut, mengkonsumsi makanan yang manis secara berlebihan seperti permen, adanya infeksi dalam gigi dan gusi, alergi, pemakaian kawat gigi atau behel yang terlalu rapat sehingga menyebabkan tekanan pada gusi, kurangnya asupan vitamin C dan juga mengkonsumsi makanan kurang sehat juga mempengaruhi pembengkakan pada gusi.

Kenapa Gusi Bisa Bengkak?

Gusi bengkak merupakan hal yang umum ditemui. Biasa ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Pada sebagian kasus, gusi bengkak yang terjadi bisa cukup besar hingga menutupi gigi secara keseluruhan.

Umumnya penyebab gusi bengkak sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi.

Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa Gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kurang gizi, atau skorbut. Skorbut adalah kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C.

Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang tidak tepat, sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, atau bisa juga akibat efek obat-obat dilantin, fenobarbital, atau obat 


   Cara mengobati gusi bengkak dengan Lidah Buaya

Obat lain yang efektif untuk mengobati gusi bengkak dan gusi berdarah adalah lidah buaya. Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak di mulut dan mengurangi peradangan pada gusi.

Caranya:
  •     Belah daun Lidah buaya dan ambil gel-nya
  •     Gunakan jari untuk menggosok gel pada gusi yang bengkak
  •     pijat lembut gusi yang bengkak selama 1-2 menit
  •     Bilas dengan air hangat
  •     Lakukan beberapa kali sehari hingga sembuh

Demikian Artikel Mengnai Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi yang Bengkak yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Semoga artikel diatas membantu mengobati Gusi bengkak yang mungkin sedang anda alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gusi Bengkak dan Cara Mengobati Gusi yang Bengkak